Inilah Hobi Unik Bocah Bocah Jepara Yang Menggemparkan Netizen ! “Om Telolet Om”

Apa itu Telolet – Hallo sahabatnesia, pernah dengar “OM TELOLET OM” ? Istilah ini pertama kali saya dengar dari sebuah komentar yang sering muncul di Line Today. Kok tampaknya istilah ini lagi trending dan hits banget ketika ini.


Jadi apa itu “Om Telolet Om” ? Apa kira-kira artinya yah ? Bahkan sering banget dipelesetkan oleh anak muda menjadi terpleset menjadi telotot, telotet, toletet atau bahkan tololet yah.


Jadi begini, fenomena ini menjadi terkenal sehabis ada seseorang yang mengupload video yang diambil di tempat Jepara. Disana ketika siang atau sore hari ada seorang ank kecil yang habis pulang sekolah bangun di pinggir jalan, kemudian anak kecil tersebut berteriak “Om Telolet Om” ! 


Ada juga anak kecil yang sambil memegang kertas yang bertuliskan “Om ! Telolet” Teriakan itu ditujukan kepada supir bus yang melintas di jalan raya semoga membunyikan klakson busnya.


 Istilah ini pertama kali saya dengar dari sebuah komentar yang sering muncul di Line Toda Inilah Hobi Unik Bocah Bocah Jepara yang Menggemparkan Netizen ! “Om Telolet Om”
Om Telolet Om

Pengertian yang sebenarnya 


Jadi “Om” itu maksudnya ialah si om supir bus. Sedangkan “Telolet” itu ibarat menirukan bunyi klakson bus yang berbunyi telolet tolelet telotet. Yah kira-kira bila di tuliskan ibarat itulah bunyinya haha.


Singkatnya “Om Telolet Om” merupakan sebuah undangan yang diucapkan oleh anak-anak kecil yang ditujukan kepada supir bus semoga supir bus mau membunyikan klakson busnya.


Tujuannya supaya apa sih ? Ya cuman buat have fun doang aja. Maklum, namanya juga anak kecil. Mungkin anak-anak itu sangat senang mendengar bunyi klakson bus yang memang terkadang bunyinya unik.


Ada juga yang merekam bunyi klaksonnya kemudian sehabis di rekam di upload ke media umum dan sebagainya. Mungkin bagi para bus mania hal ini bukanlah hal yang gres alasannya ialah segala hal yang berkaitan dengan bus ialah unik terutama untuk bunyi klakson yang banyak variasinya.


Tapi bagi orang awam ini menjadi sebuah animo sehabis melihat keceriaan anak-anak kecil mendengar bunyi klakson bus setiap menunggu bus antar kota yang melintas. Hal ini menciptakan kita sadar bahwa “Bahagia itu sederhana


Fenomena ini semakin ngetrend di beberapa wilayah di Indonesia, bukan hanya di Jepara saja. Dan penggemarnya bukan lagi hanya anak-anak, melainkan juga para remaja dan dewasa.


Yah tidak mengecewakan lah bagi yang punya bisnis berjualan klakson telolet sanggup menjadi sebuah anugrah untuk menambah penghasilan hehe.


Sebagai catatan saja, harga klakson telolet ini cukup mahal loh. Mulai dari harga 500 ribuan hingga yang harga jutaan rupiah. Tergantung tingkat kekerasan bunyi dan juga beberapa kombinasi bunyi yang dihasilkan.


Mungkin sebagian orang ada yang menyampaikan bahwa hal ini ialah sebuah hal yang norak dan tidak perlu di populerkan. Tapi bila itu sanggup menciptakan anak-anak bangsa ini bahagia, apa ada yang salah ? Toh yang kasih makan mereka bukan ia hehe.


Mungkin mereka sesekali harus mencobanya dulu, kemudian teriak kencang-kencang “OMMMM …… TELOLET OMMM …..” !! Baru sanggup mengerti bahwa senang itu sederhana.


Coba lihat video dibawah ini. Ini loh yang namanya telolet haha 🙂



Video Telolet 



Pro Kontra Perekam Klakson Bus Telolet


Suara klakson telolet pada bus memang sangat fenomenal belakangan ini dan memancing anak-anak untuk mengabadikannya. Akan tetapi dibalik ke viralan bus telolet ini memunculkan pro dan kontra di kalangan perekam bus telolet.


“Saya juga mengamati fenomena ini. Mereka kan masih anak-anak tapi sudah sangat menyukai bus dan mengaku sebagai bus mania community. Kalau semenjak kecil saja sudah menyukai bus, semoga ketika sampaumur nanti juga tetap menyukai bus sebagai trasportasi umum.” beber Kepala Dishubkominfo Karanganyar Agus Cipto Waluyo.


Menurut Agus, di era modern ketika ini, tidak sedikit masyarakat yang enggan untuk memanfaatkan moda transportasi umum. Dampaknya, sejumlah perusahaan angkutan umum harus gulung tikar. Bahkan, sejumlah rute tidak lagi dilewati oleh angkutan umum alasannya ialah sepinya penumpang.


“Saking banyaknya yang memakai kendaraan pribadi, angkutan umum banyak yang mati. Di Karanganyar pun juga demikian. Angkutan umum bus yang masih jalan mulai berkurang. Dengan adanya komunitas bus mania ini diperlukan sanggup menghidupkan kembali moda transportasi umu,” terangnya.


Agus menilai, agresi merekam laju bus tersebut bukan termasuk acara yang membahayakan. Apalagi fenomena itu tidak hanya ditemui di Karanganyar. Tapi sudah lebih dulu booming di tempat lain.


Namun, Dishubkominfo akan berupaya melaksanakan pendekatan terhadap anak-anak perekam laju bus semoga aksinya tidak hingga membahayakan keselamatan diri mereka ataupun sopir bus.


Sementara itu, salah seorang anak perekam laju bus, Ridwan, 10, menyatakan sudah semenjak setengah tahun hunting bus untuk mendapat bunyi klakson telolet…telolet. Hasil rekaman sekedar untuk dipamerkan kepada teman-tema sebaya. ”Dicari bus yang klaksonya telolet…telolet. Untuk koleksi saja,” terperinci warga Jungke, Karanganyar itu.


Aktivitas merekam laju bus itu dilakukan setiap pulang sekolah. Ridwan bersama teman-temannya biasanya ramai-ramai stand bydi Jalan Kapten Mulyadi Karanganyar, erat Terminal Jungke. Memang jalur tersebut kerap dilewati bus jurusan Jakarta. ”Bus bagus-bagus, jadi tertarik merekam,” pungkasnya.


Sebelumnya, Ketua BMC Eks Karesidenan Surakarta Arga Kusuma Senna menyatakan, anak-anak merekam laju bus hanya ikut-ikutan. BMC hanya menyosialisasikan cara safety hunting khusus kepada anggota BMC minimal yang sudah duduk di dingklik SMA. Karena selama ini tidak sedikit anggota BMC merekam laju bus tanpa memperhatikan keselamatan. Hasil rekaman untuk dievaluasi dan koleksi pribadi. Tidak ada hadiah atau imbalan apa pun dari merekam laju bus.


Arga juga belum mendapat isu niscaya kenapa marak anak-anak di anak-anak ikut merekam laju bus. Biasanya mereka mengaku dari BMC tapi bahu-membahu tidak tahu apa itu BMC dan maksud merekam laju bus.


Dengan alasan tersebut, BMC akan mengerahkan pengurus di tempat untuk memperlihatkan sosialisasi kepada anak di anak-anak yang merekam laju bus. Fenomena ini juga akan dibahas pada musyawarah nasional.


Trend Bus Telolet 


 Istilah ini pertama kali saya dengar dari sebuah komentar yang sering muncul di Line Toda Inilah Hobi Unik Bocah Bocah Jepara yang Menggemparkan Netizen ! “Om Telolet Om”
Om Telolet Om

Semenjak banyak bus yang memakai klakson telolet, muncul sebuah komunitas pecinta bus yang menamakan dirinya sebagai bus mania community. Tidak hanya di kota-kota besar saja loh, sekarang ada banyak BMC Regional dari banyak sekali tempat yang mendeklarasikan diri sebagai komunitas dan kerap melaksanakan gathering secara rutin. Wah sangat menarik yah 🙂


Mereka juga kerap kumpul di PO Bus tertentu dan saling membuatkan video telolet melalui akun youtube masing-masing. Tidak jarang, mereka pun menyewa satu armada bus dan melaksanakan study tour ke kota-kota tetangga dengan bus tersebut.


Tujuan komunitas ini apa sih ? mungkin dari kita timbul pertanyaan ibarat itu. Kaprikornus tujuan komunitas bus mania ini cukup mulia loh, mereka kerap mengadakan sosialisasi bagi para pencari klakson telolet yang sering berkumpul di pinggir jalan semoga tidak mengganggu pengandara lain dan yang terpenting semoga tidak membahayakan diri mereka sendiri.


Tentu sangat berbahaya untuk berkerumun di pinggir jalan dan berteriak pada supir bus untuk membunyikan klaksonnya. Mau coba ? hehe. Dengan kehadiran komunitas ini, mereka berharap juga sanggup berburu klakson telolet dengan baik serta dengan aman.


Kehebohan Om Telolet Om di Twitter


Tadi malam, 20 Desember 2016. Di twitter dihebohkan dengan trending topik Indonesia yang mendunia. Bukan sebuah prestasi atau kebobrokan negeri ini, namun alasannya ialah hal sepele “OM TELOLET OM”


Para netizen mencuitkan kata-kata tersebut di situs mereka masing-masing. Bahkan tidak hingga disitu, alasannya ialah beberapa dari mereka juga ada yang mention ke akun twitter artis dan musisi ternama di dunia dengan kata “OM TELOLET OM”


Pada awalnya banyak selebriti yang merasa terganggu dengan kemunculan tweet tersebut. Bahkan dari kebanyakan mereka bertanya-tanya, what is Om Telolet Om ? What does Om Telolet Om Mean ? Haha lucu banget yah 🙂


Kejadian ini juga tidak terjadi di twitter saja, melainkan juga booming di sosial media lainnya ibarat instagram ataupun sosial media yang sasarannya ialah netizen Indonesia. Mereka mengomentari foto para artis dan penyanyi Hollywood dengan kata “OM TELOLET OM”.


Meski awalnya merasa terganggu, namun kesudahannya mereka menikmati apa yang sedang terjadi. Mereka bahkan tidak ragu untuk menulis di akun twitter mereka dan menambahkan hastag “OM TELOLET OM”.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Huruf Hijaiyah : Tanda Baca, Sifat Huruf, Dan Cara Membacanya !

7 Dongeng Anekdot Singkat Dan Lucu Beserta Strukturnya

Teks Pancasila : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll