Teks Pancasila : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll

Teks Pancasila – Setiap tanggal 1 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai lahirnya sebuah dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Pancasila mempunyai banyak sekali makna yang terkandung di dalamnya dan dijadikan sebagai salah satu pedoman atau petunjuk dalam kehidupan berbangsa semenjak dahulu hingga dikala ini. Pancasila yang dituangkan dalam teks pancasila juga dijadikan sebagai petunjuk Negara dalam bertindak.


Pancasila sendiri merupakan suatu berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, yang diberikan melalui para pendirinya dengan banyak sekali pikiran di dalamnya. Indonesia dibutuhkan sanggup menjadi negara yang kokoh dengan berdirinya Pancasila, dan sanggup menjadi suatu fondasi bagi Indonesia biar terus menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat, adil dan terus makmur, tanpa adanya perpecah belahan.



Pengertian Teks Pancasila


 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai lahirnya sebuah dasar negara Indonesia TEKS PANCASILA : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll
Teks Pancasila

Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta. Dalam hal ini, panca berasal dari dua suku kata yaitu panca yang artinya lima dan Sila yang mempunyai arti prinsip atau asas. Pancasila dijadikan sebagai salah satu rumusan dan juga petunjuk yang dibuat dalam bentuk pedoman, untuk kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik dan kokoh. Pancasila sendiri terdiri dari lima sendi utama.


Sendi utama yang tercantum dalam pancasila, semuanya tercantum dan sudah berada dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945). Bukan hanya itu, terdapat juga 45 butir pancasila yang mana dijadikan sebagai salah satu pedoman atau petunjuk untuk penghayatan dan bagaimana pancasila sanggup di amalkan oleh seluruh umat manusia. Semua ini tertuang dalam lima sila dalam teks pancasila.


Hal ini juga yang menyebabkan kita sebagai masyarakat Indonesia, wajib untuk menghafal, menghayati dan sanggup mengamalkan apa yang ada dalam nilai-nilai luhur pancasila dengan benar, dalam meneruskan impian yang sudah dimiliki terlebih dahulu oleh para tokoh pendiri bangsa Indonesia.


Teks Pancasila


 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai lahirnya sebuah dasar negara Indonesia TEKS PANCASILA : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll
Teks Pancasila


  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan indonesia

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan / perwakilan

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia


Sejarah Teks Pancasila


 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai lahirnya sebuah dasar negara Indonesia TEKS PANCASILA : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll
Teks Pancasila

Peringatan atau lahirnya pancasila ini merupakan latar belakang dari hasil rapat yang diadakan oleh pendiri bangsa, dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dalam hal ini, diadakah di gedung Chio Sangi In yang bertempat di Jakarta. Gedung ini masih ada hingga dikala ini, namun berganti nama menjadi gedung pancasila.


BPUPKI atau yang mempunyai nama lain “Dokuritsu Junbi Cosakai” ini ialah salah satu tubuh yang memang dibuat oleh colonial Jepang. Badan ini berdiri pada tanggal 29 April 1945. Tujuan dibuat tubuh ini ialah sebagai salah satu rekayasa Jepang untuk sanggup mendapat banyak sekali pemberian rakyat Indonesia bahwa Jepang akan menunjukkan Indonesia sebuah kemerdekaan yang di nantikan.


Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno memberikan sebuah pidato mengenai lima dasar negara yang disebut sebagai pancasila. Hal ini dilakukan oleh Soekarno, lantaran memang semenjak awal Soekarno percaya bahwa pancasila sanggup dijadikan sebagai salah satu dasar dan fondasi yang mana di dalamnya sanggup di naungi oleh seluruh masyakarat Indonesia, baik dari banyak sekali macam suku dan agama berbeda.


Pada 7 Agustus 1945, BPUPKI diganti menjadi PPKI atau panitia persiapan kemerdekaan Indonesia atau dengan nama lain, “Dokuritsu Junbi Inkai”. Namun Jepang hancur dalam peperangan dunia II oleh sekutu barat Amerika Selatan dan menjatuhkan sebuah bom atom ke Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki 9 Agustus 1945.


Namun hal tersebut menciptakan para pejuang dan semua pendiri Indonesia berhasil untuk merebut kemerdekaan dan kemenangan pada 17 Agustus 1945. Hal ini juga yang menciptakan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia ditetapkan pada 18 Agustus 1945.


Teks Pancasila dan Lambangnya


 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai lahirnya sebuah dasar negara Indonesia TEKS PANCASILA : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll
Teks Pancasila

1. Ketuhanan yang maha Esa


Memiliki lambang dengan cahaya pada bab tengah yang berbentuk perisai. Perisai ini mempunyai bentuk bintang, dengan sudut yang mempunyai latar berwarna hitam.


2. Kemanusiaan yang adil dan beradab


Memiliki lambang dengan tali rantai bermata berbentuk bulatan dan juga persegi, dan pada bab kiri di bawah perisai mempunyai latar merah.


3. Persatuan Indonesia


Sila ketiga ini dilambangkan dengan pohon beringin yang terletak di bab kiri bab atas, dan perisai yang mempunyai latar putih.


4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan/perwakilan


Memiliki lanbang kepala banteng, dengan bab kanan atas terdapat perisai yang berwarna merah.


5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Sila terakhir ini mempunyai lanbang dimana terdapat padi dan pakas yang berada pada bab kanan bawah, ditambahkan dengan perisai yang mempunyai latar berwarna putih.


Teks Pancasila dan Aplikasinya Sehari-hari


 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai lahirnya sebuah dasar negara Indonesia TEKS PANCASILA : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll
Teks Pancasila

Sila pertama yang berbunyi dengan “Ketuhanan yang Maha Esa”, mempunyai kekerabatan yang saling berkaitan dengan bagaimana sikap semua umat insan yang beragama kepada Tuhannya. Dalam hal ini juga diajarkan dan dijadikan sebagai pedoman bagaimana kita bersikap dalam beragama. Contoh sikap yang sanggup mencerminkan sila pertama dalam kehidupan sehari-hari adalah:



  1. Selalu percaya kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan pedoman proposal agamanya masing-masing.

  2. Selalu menjalankan apa yang diperintahkan sesuai agamanya masing-masing.

  3. Tidak memaksakan suatu agama yang dimiliki oleh orang lain, atau mengajak orang tersebut untuk mempunyai panutan agama yang sama dengan orang tersebut.

  4. Selalu menghormati dan menghargai suatu agama yang dimiliki orang lain.


Conoh sikap yang dimiliki sila kedua, yang mana mempunyai suara “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Sila ini memilikiketerkaitan yang saling berafiliasi besar lengan berkuasa dengan bagaimana sikap kita yang ada sebagai manusia. Bukan hanya untuk diri sendiri, namun bagaimana sikap kita terhadap sesame dan juga dunia ini. Contoh sikap yang sanggup mencerminkan sila kedua dalam kehidupa sehari-hari adalah:



  1. Tidak menganggap berbeda orang lain atau setiap umat insan menurut agama, suku, warna kulit, tingkat ekonomi hingga tingkat pendidikan yang dimilikinya.

  2. Selalu sadar bahwa setiap umat insan diciptakan oleh Tuhan.

  3. Selalu membela keadilan dan juga kebenaran yang ada.

  4. Selalu menyadari bahwa setiap insan mempunyai hak dan juga kewajiban yang sama.

  5. Tidak melaksanakan diskiriminatif apapun tujuannya.


Sila ketiga yang berbunyi dengan, “Persatuan Indonesia”. Sila ini mempunyai kekerabatan dengan banyak sekali sikap kita bagaimana untuk negara Indoneisa, bagaimana sikap yang sanggup ditunjukan untuk Indonesia dan bersatu dalam membangun negeri ini. Contoh sikap atau sikap yang sanggup mencerminkan sila ini adalah:



  1. Selalu cinta kepada tanah air dan juga bangsa.

  2. Selalu menjaga nama baik bangsa dan juga negara.

  3. Tidak menjelek-jelekan bangsa sendiri, namun membangga-banggakan bangsa lain.

  4. Dapat ikut serta atau andil dalam menjaga ketertiban dunia.

  5. Selalu menjujung tinggi dan memprioritaskan ketertiban dunia.

  6. Dapat mengutamakan apa yang menjadi kepentingan bangsa dan negara, sebelum memikirikan kepentingan pribadi dan golongannya.


Sila keempat berbunyi, “Kerakyatan yang dipimpin oleh pesan yang tersirat budi dalam permusyawaratan perwakilan. Dalam hal ini, sila keempat mempunyai tujuan biar bagaimana sikap kita dalam bermusyawarah dan menuntaskan suatu dilema yang dialami. Contoh sikap sehari-hari yang sanggup mewakili sila keempat ini adalah:



  1. Dapat mengutamakan bagaimana dilakukannya musyawarah biar sanggup mencapai sebuah mufakat untuk menuntaskan sebuah dilema yang ada.

  2. Tidak memaksakan kehendak yang ada pada orang lain atau yang dimiliki orang lain.

  3. Selalu mengutamakan apa yang menjadi kepentingan masyarakat, bangsa dan juga negara.

  4. Bagaimana sanggup selalu menghormati apa yang menjadi kepentingan dalam hasil musyawarah.

  5. Dapat ikut serta dan menyuksesan pemilihan umum.


Sila kelima atau sila terakhir ini berbunyi, “ keadlina sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Sila ini mempunyai kekerabatan yang dekat dengan bagaimana sikap insan terhadap sikap adil yang diberikannya untuk orang lain. Contoh sikap yang mencerminkan sila ini adalah:



  1. Selalu mencoba dan berusaha untuk menolong orang lain sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

  2. Selalu menghargai kemampuan orang lain.

  3. Tidak mengintimidasi orang lain dengan hal milik yang kita miliki.

  4. Menjunjung tinggi segala nilai kekeluargaan yang dimiliki.

  5. Selalu menghormati apa hak dan kewajiban yang dimiliki oleh orang lain.


Teks Pancasila sebelum di amandemen


Perubahan rumusan awal yang dimiliki oleh pancasila, yang secara pribadi di sampaikan oleh Soekarno. Pada awal muncul pancasila yang dibuat oleh Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945, adalah:



  1. Kebangsaaan negara Indonesia

  2. Perikemanusiaan dan Internasionalisme

  3. Mufakat dan demokrasi

  4. Kesejahteraan sosial

  5. Ketuhanan yang Maha Esa.


Namun hal ini mengalami beberapa perubahan. Diawalin dengan BPUPKI yang memang mempunyai tujuan untuk membentuk sebuah tim yang terdiri dari 9 orang untuk merumuskan kembali pancasila tersebut. Hal ini juga dicetuskan oleh Soekarno. Tim tersebut yaitu Soekarno, Muhammad Hatta, AA Maramis, Abikusno, Tjokrosoejoso, Abdulkahar Muzakir, Agus Salim, Ahmad Soebardjo, Wahid Hasyim, dan Muhammad Yamin. Tim ini disebuta juga dengan panitia Sembilan. hal ini, alhasil pancasila mengalami perubahan yaitu:



  1. Kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya

  2. Perikemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan

  5. Kesejahteraan Sosial


Rumusan yang telah dibuat ini alhasil diserahkan kepada BPUPKI, dan diberi nama dengan piagam Jakarta. Namun pertimbangan kembali dilakukan bawa Indonesia sendiri ialah sebuah deretan kepulauan yang terdiri dari Sabang hingga Merauke. Dalam hal ini juga yang menciptakan usulan mengenao dasar negara tidak menurut dari sebuha agama tertentu, terutama sila pertama Piagam Jakarta.


Hal ini juga yang menciptakan PPKI pada 18 Agustus 1945 menetapkan untuk menghapus “Kewjajiban mnjalankan syariat islam bagi pemeluknya”, yang terdapat pada sila pertama. Maka alhasil diubah dan menjadi teks pancasila hingga dikala ini:



  1. Ketuhanan yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia


Hubungan Teks Pancasila dengan Undang-Undang Dasar 1945


 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai lahirnya sebuah dasar negara Indonesia TEKS PANCASILA : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll
Teks Pancasila

Hubungan antara pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dengan teks pancasila sudah diundangakn dalam gosip RI tahun II no.7 yang mana sudah semenjak 18 Agustus ditetapkan oleh PPKI. Pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 ini mempunyai hakikat yang terdapat dalam alinea ke-4 yang mempunyai suara yaitu, bahwa dalam segala aspek yang ada dalam segala penyelenggaraan pemerintahan negara harus di dasarkan dengan pancasila.


Hal ini juga yang menciptakan bahwa pembukaan yang terdapat dalam Undang-Undang Dasar 1945, sanggup memperolah bukti kedudukan sebagai salah satu norma aturan yang positif. Norma aturan yang dimiliki oleh pancasila juga tidak mengiktui banyak sekali asas-asas yang mana terdapat dalam sosial, politik, ekonomi, namun menempel dan meliputi banyak sekali asas secara kultural, kenegaraan yang dibuat dalam pancasila.


Pancasila sendiri sudah dijadikan sebagai salah satu pokok kaidah yang dimiliki negara yang memang mempunyai kedudukan oleh Undang-Undang Dasar 1945. Kedudukan tersebut ialah sebagai salah satu dasar negara dan tertib aturan yang paling tinggi yang harus di jalankan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pancasila sendiri mempunyai hakikat dan juga fungsi sebagai mukadimah untuk Undang-Undang Dasar 1945.


Antara pancasila dan hubungannya dengan Undang-Undang Dasar 1945 juga mempunyai kekerabatan yang kuat, tetap dan juga tidak sanggup diubah-ubah. Hubungan yang dimiliki oleh Undang-Undang Dasar 1945 dengan pancasila juga mempunyai kekerabatan secara material dan pokok kaidah negara yang fundamental.


Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945


” Bahwa bergotong-royong kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh alasannya ialah itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan lantaran tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadian.


Dan usaha pergerakan kemerdekaan indonesia telah sampailah kepada dikala yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyak indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.


Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara indonesia  yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang menurut kemerdekaan, perdamaian awet dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan negara indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara republik indonesia yang berdaulatan rakyat dengan menurut kepada ketuhanan yang maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan/perwakilan, serta mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. “


Hubungan Pancasila dengan Proklamasi


 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai lahirnya sebuah dasar negara Indonesia TEKS PANCASILA : Pengertian, Sejarah, Cara Mengaplikasikan, Dll
Teks Pancasila

Jika membicarakan teks pancasila, hubungannya dekat dengan proklamasi. Dalam proklamasi sendiri juga lebih dikenal dengan bagaimana usaha bangsa Indonesia yang melawan penjajah hingag usaha bangsa Indonesia yang sanggup mencapai kemerdekaan dan kemenangannya. Dalam hal ini, pancasila juga ikut mewakili bagaimana semangat usaha bangsa Indonesia.


Segala nilai-nilai semangat dan usaha yang dimiliki dalam proklamasi juga berafiliasi dekat dengan proklamasi. Bahkan pancasila sendiri sanggup dikatakan mempunyai nilai yang memang mendasari bagaimana usaha bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya dengan ditandai adanya proklamasi.


Nilai-nilai pancasila yang hadir daat penjajah masih menjajah Indonesia juga menciptakan proklamasi selalu direndahkan. Dalam hal ini, dilakukannya proklamasi nilai-nilai pancasila yang mana mempunyai tujuan untuk menegakan . Hal ini tentunya membuatv pancasila membantu proklamasi biar terus ada tanpa harus di injak-injak atau di remehkan. Inilai yang menciptakan proklamasi dengan pancasila mempunyai kekerabatan yang erat, ibarat tercantum dalam alinea proklamasi.


Pancasila ialah salah satu rumusan dasar negara yang memang dibuat untuk membentuk negara Indonesia. Dengan adanya Pancasila, Indonesia juga dibutuhkan bisa untuk mempunyai norma yang baik. Pancasila merupakan suatu dasar negara yang dijadikan sebagai pernana penting dalam hukum, moral dan hal lainnya. Hal ini yang menciptakan pancasila sebagai instrument penting.


Setelah mengetahui mengenai pengertian, sejarah, kekerabatan dengan Undang-Undang Dasar 1945, dan hubungannya dengan proklamasi Indonesia. Tentunya sebagai seorang banga Indonesia yang lahir ketika negara ini sudah merdeka, harus meneruskan usaha para hero untuk mengaplikasikan butir-butir pancasila sebagai dasar negara. Sudah sepatutnya kita meneladani hal tersebut.


Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih


Teks Pancasila



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Huruf Hijaiyah : Tanda Baca, Sifat Huruf, Dan Cara Membacanya !

7 Dongeng Anekdot Singkat Dan Lucu Beserta Strukturnya